Tuesday, January 10, 2012

Caffè freddo

Setelah sekian hari tobat ngopi, sekarang alhamdulillah kembali lagi normal dengan 2 s.d. 3 gelas sehari, kadang 4 gelas, tergantung ada yang mbuatin apa enggak... :D
Kata gue sih, mungkin dulu efek stres sehingga gue ngopinya "ngebut" sekali, dan mungkin juga kemaren2 gue tobat itu pas lagi waktunya best life gue yang bikin gue rileks dan gak ngopi-ngopi banged.

Terus apa gue kembali stres sekarang sehingga gue ngopi2 lagi?! Hahaha...

Kalo kemaren-kemaren gue ngopi yang berat alias kopi item, sekarang2 ini gue lebih suka yang modified. Contohnya ini... Caffè freddo... tadaaaaaa....

Caffè freddo, by me...
 Jangan nanya itu kenapa permen fox berantakan dibawahnya, bingung nyari dressing, mana motonya juga pake hape, ya segitu deh upaya mbikin gambar sedikit potogenik... Hehehe...
 


Nah, bahan2nya gimana? Ntar gue jelasin, sekarang gue mau cerita dulu tentang minuman ini...
Pertama kali denger nama ini ya dari blognya Om Toni Wahid di mari, gue demen banged nongkrong di blog itu lama2 sambil ngiler ngeliat mesin espresso wara-wiri di tab browser gue.

Eniwei, Caffè freddo ini termasuk juga espresso based beverages, kalo dilihat dari bahannya, dan tentu saja ini termasuk juga punggawanya jenis minuman cold beverage meski sebenarnya minuman ini kurang begitu terkenal di kafe-kafe lokal.

Menurut gue, minuman asal italian ini sebenarnya hampir enggak ada beda dengan ice cappucino kecuali cara peracikannya kali ya, dimana kalo Caffè freddo pake shaker, sedangkan ice cappucino enggak. *nah, kalo malah ada yang bikin cappucino pake blender, itu mah teknik aspal... (-___-")

Ada juga yang menyajikan Caffè freddo ini dengan tambahan vanilla ice cream yang ternyataaaah hasilnya malah mirip affogato, jenis minuman espresso based jugak, dari italia jugak, dan tentunya enak gilak... *ngiler

Originally-nya kata mbah wiki, ini Caffè freddo pembuatannya biasanya dengan membekukan espresso di freezer untuk kemudian disajikan dengan susu yang sudah di shake. Namun kalo liat di yutub, buaaanyaaakk banged metode pembuatan minuman ini dan semuanya sah-sah saja menyebutkan hasilnya sebagai Caffè freddo.

Kalo gue bikinnya begini nih... 
Bahan-bahan:
1. es batu
2. espresso 2 shot
3. susu, dan 
4. gula atau simple syrup.

Ini nih penampakan bahannya...

Ingredient, Caffè freddo

Terus caranya gimana? Tinggal masukin espresso dan ice ke shaker, tambahin simple syrup atau gula sesuai selera (kalo gue pake sedikit simple syrup, biar rasa kopinya teteup nendang...). Bisa juga es tidak usah dimasukin bareng2, tapi di taro di gelas saji, baru kemudian dituangin hasil shaking espresso dan susu.

Eh, tentang susunya, kalo ada milk frother atau mesin espresso yang ada steam wand-nya, bisa pake itu, kalo engga punya alat2 itu ya pake aja shaker juga, buat nge-shake. Intinya biar susu lebih foamy dan lembut...


Sudah semua... tinggal tuang-tuang ke gelas saji... Hasilnya... segerrrrrr... dan cezzz plenkk... What a spirit booooossstttiinngg...

Selamat menikmati... (fotonya)
:hammer :hammer :hammer

====================================

Eh iya, ini apdetan baru... request dari abi, katanya biar lebih informatif... 
- Kalo gak punya gak punya milk frother, steam wand, juga shaker... pake aja ini nih...
Buat anak kos kaya gue, menikmati hidup mewah itu engga harus mahhaaal, with little creativity life can be awsome... :D

Shaker alternatif buat di coba, kalo gue sih engga pake ini, tapi pake botol aqua 1,5 liter, biar ngocoknya puasssss... ahahaha...


- Kalo engga punya espresso machine buat estraksi kopinya, beli aja kopi instan yang gak ninggalin ampas, misal nescaf*, ato indocaf*. Rasa espressonya emang engga sama, tapi kalo udah di mix dg susu, hasilnya engga jauh beda dg versi kafe... :D
Oia, jangan lupa takaran air untuk nyeduh kopinya dikit aja, biar lebih strong gitu... :D :D :D

Okey, selamat mencoba...