Tuesday, January 10, 2012

AFFOGATO, cara baru menikmati eskrim, eh salah, cara baru menikmati kopi

Gue baru ngerti dengan istilah affogato ini setelah melihat tayangan Delonghi: The Great Italian Cafe - Episode 06, MELBOURNE.


Eh, sekedar intermezo ttg acara ini. Ini gaweannya si pabrik mesin espresso ternama dari Italia, DELONGHI yang bikin reality show (entah ditayangin di stasiun TV apa?) tentang kafe-kafe hebat di italia. Gue suuueeennneeennnggg banged dg acara yang dibawakan oleh Paul Khoury, serasa menemukan belahan jiwa... *lebay... whatever, yang jelas gue sangat antusias... Donwload aja acaranya di youtube... :D

Yang jelas gue menemukan buanyak banged informasi menarik tentang coffee culture, kafe, dan kebudayaan lokal di italia sono. Gue sampe lanjut brosing-browsing lewat google map tentang daerah2 Treviso, Venice, sampai sebuah pulau kecil penghasil chandeliers atau lampu gantung cantik yaitu pulau Murano... Errghhh, gue sampe ngerasa apal dg jalanan di sana saking seringnya gue ngeliatin jalan2 yang di tunjukin di reality show itu.. ahahaha...

Okey, kembali ke topik. Affogato itu aslinya emang dari italia. Merupakan sebuah bentuk dessert yang dibuat dengan menuangkan espresso panas ke atas vanilla gellato atau eskrim vanila. Kadang ditaburi juga dengan roasted beans atau biji kopi yang sudah di panggang.



Ada sensasi pahit dan manis, apalagi dengan tambahan roasted bean yang gurih...betul-betul enak. Gue bukan penggemar eskrim, mungkin karena terlalu manis sehingga cepet bosen. Kalau di tambah espresso... hmmm... yummy... engga ada bosennya...

So, here we go..
Guampang banged cara bikinnya, tinggal tuang espresso ke atas eskrim... :D


Ini bahan dan how-to-nya... :D
Itu yang gelas kecil buat tempat espresso, sebenarnya adalah gelas buat nakar beras, lagi-lagi... gue kan anak kos, engga punya demitasse ato shot glass, syukur2 deh kalo abis ini ada yang ndonasiin sebagian koleksinya buat gue... *pray