Tuesday, January 10, 2012

Sup tahu daging...

"Masak masak sendiri... makan makan sendiri...
Hehehe... maap, bukan mau ngamen.. tapi kalo ada yang mau ngasi dolar, boleh lah. Langsung transfer aja ya... he..he... Ini cerita tentang bujang (sok) keren yang hidup sendiri di kota kecil di Pulau Bintan yang indah. Yang namanya hidup sendiri itu engga seburuk film Cast Away kok. Engga juga makan Indomie tiap hari, apalagi telur ceplok seharian. Yang namanya hidup-sendiri itu, bisa masak apa aja semauku... itadakimasu..."

Tulisan di atas adalah copy-an dari header  blog gue yang dulu. Lumayan banyak tentang tulisan masak-memasak sampe akhirnya gue desperate sendiri dan memutuskan buat berhenti memasak... (-___-")


Nah, ketika gue mau nulis ini, gue jadi teringat blog itu. Dan gue sangat suka dengan kalimat yang ini,
"Yang namanya hidup sendiri itu engga seburuk film Cast Away kok. Engga juga makan Indomie tiap hari, apalagi telur ceplok seharian. Yang namanya hidup-sendiri itu, bisa masak apa aja semauku..."

Emang sih, beberapa bujang keren temen gue lainnya bisa menikmati makanan apa aja dengan uang di kantong yang menjamur... Hihihi... Tapi bukan mudah juga hidup me'warung setiap hari. Dan seperti ini yang gue alamin ketika terlalu sering nggantungin kebutuhan makan pada warung:

1. Selalu bingung "mau makan apa ya...?", meski uang ada dan pilihan makanan buanyak sekali, seringnya gue malah bingung sekedar untuk menentukan makan malem enaknya makan apa ya? Sehingga sering gue muter-muter ga jelas sambil nyari2 warung yang cocok.
2. Makan "angin" kalo hujan terus2an. Masih mending kalau makan angin doank, kalo misalkan hujan tidak hanya dari pagi sampe sore, tapi sampe malem... bisa2 makan lalapan dedaunan di rumah. Maksudnya makan daun pintu, daun jendela... dll... >___<
3. Sering diare. Kalo ini mah karena makan makanan warung yang gak higienis. Masih mending lah dari pada kena typus.
4. Boros.
5. Habis-habisin waktu...
6. Makan engga teratur. Kalo ini karena kadang pas jam-nya makan tapinya gue males keluar. Akhirnya ditunda makan... kalo keseringan begini, sangat potensial kena penyakit lambung... Tapi alhamdulillah sih sampe saat ini gue masih sehat wal afiat... :D


Nah, itu die pengalaman2 kebanyakan me'warung...
Sekarang2 ini gue mulai banyak masak lagi. Disamping karena waktu gue lebih longgaaaarrr banged, memasak juga merupakan kegiatan paliiinnnggg menyenangkan. Minus cuci-cuci-nya... gue paling malesss mbersihin alat2 masak. Dan ini salah satu sebap kenapa gue dulu sempet berhenti masak... Hehehe...

Nah kemaren2 ini gue masak ini nih... SOP TAHU DAN DAGING.
Memasaknya simple dan sangat mudah.

Ini dia bahan2nya, etapi engga ada ukura-ukurannya, soalnya kebanyakan gue pakai insting buat nakar setiap  bahan. Makanya kadang masakan gue enak, kadang juga enaaakkk bangeeedd... lol.

Bahan:
1. Tahu
2. Daging

Bumbu:
1. Garam
2. Gula
3. Bawang merah
4. Bawang putih
5. Jahe
6. Daun sop
7. Merica bubuk
8. Bawang goreng buat taburan


Caranya:
1. Goreng bawang merah, putih, dan jahe. Eh lupa, keprek dulu jahenya. Eh lagi, masukin bawang merah dulu ya... baru dua bahan berikutnya. Karena bawang merah lebuh lama dikit matengnya... Kalo mau dimasukin b areng2 juga sah sah aje... AWAS GOSONG, pake api kecil aje.
2. Berikutnya cemplungin daging, goreng sampe daging setengah matang. Lalu masukin air secukupnya.
3. Masukin garam, gula, merica bubuk.
4. Masukin tahunya, terus tunggu sampe air sedikit menyusut dan daging mateng. Jangan banyak diaduk, ntar tahunya hancurr...
5. Pas udah mau mateng, masukin daun sop, mateng, angkat.
6. Taburin bawang goreng. InsyaAllah halal dan kombinasi bahan2nya engga menyebabkan racun kok... Buktinya gue masih hidup dan masih bisa nulis ini... :D


Nih diye penampakannyeee... enjoyyy....
Sup tahu daging