Friday, December 30, 2011

Mo Cinta? Gue bingung bagi-baginya...

Cinta...cinta... sapa yang mau? Hari genee... siapa yang gak mau cinta. Tenang cyiiinnn... gue engga bagi-bagi cinta kok. Kasian ntar yg nerima, karena cinta gue terlalu berat untuk dibagi, hanya the chosen one yang bisa nerima cinta gue... wahahahahaha...


Yang gue maksud sebenarnya adalah kue Mo Ci? kue yang asalnya dari negerinya Kotaro Minami. Ya... meski di negerinya Suju juga ada jenis kue macam itu...

Nah, gue iseng2 bikin kue ini. Awalnya baca2 resep di mari, terus gue ikutin cara pembuatannya.

Nah, hal yang perlu diingat adalah berikut ini:
1. Banyak resep yang mengganti penggunaan tepung beras dengan tepung kanji. Sekarang ini gue bikinnya pake tepung beras. 

Bedanya apa ya? Menurut gue gini. Pengalaman dulu gue pernah bikin cilok (kapan2 gue tulis disini, insyaAllah) yang pake bahan tepung kanji. Secara umum gue perkirakan bedanya begini.

Pemakaian tepung beras menambah tekstur adonan dan hasilnya lebih punel atau pulen, mengurangi lengket sehingga moci mudah di bentuk, tapi kurangnya ya secara look hasil moci akan berwarna putih gelap atau kurang transparan dari pada kalo pake tepung kanji.
Nah, kalo pake tepung kanji, hasilnya lebih glutin alias lebih lengket sehingga kesan yang terasa di mulut lebih liat-liat gimana gitu...

2. Ada yang menggunakan teknik adonan di buletin terlebih dulu sebelum di kukus, ada yang adonan di kukus semua baru setelah mateng di bulet2in dan diisi.
Kalo di tempat aslinya sono, di Jepang atau Korea, cara bikinnya lebih sulit lagi. Pake ditumbuk2 berjam-jam. Males banged dah... tapi gue yakin rasanya juga maknyuzzz...

Kao gue pake cara yang kedua (referensi cara yang pertama, googling aja ya?). Enakan yang mana? Yang pertama tentu lebih mudah, karena adonan yang sudah dimasak duluan itu sangat lengket sehingga harus hati2 mbentuknya. Cuman kalo mau pake cara yang pertama harus diperhatikan betul waktu pengukusan agar jangan sampai adonan tidak matang penuh atau malah nempel-nempel karena tata letaknya yang terlalu dekat.

3. Pake pinggan anti panas untuk mengukus.
Kalo gak punya gimana? tenang... olesin aja pinggan yang ada dengan mentega. Engga mengubah rasa kok... Karena adonan yang sudah jadi itu lengket banged. Apalagi waktu pengukusan kan dua kali. Jadi trik ini patut di coba.

Itu aja sih yang gue pelajari dari pengalaman pertama bikin moci. Bisa di jadikan alternatif usaha lho... Jangan salah, bikinnya gampang (kalo udah sering... Hahaha... :hammer). Bahannya murah, engga macem-macem, hasilnya kalo di package dengan baik bisa sangat menarik dan 'mahal'.

Just so you know ya... Gue bikinnya juga penuh perjuangan. Mengingat alat-alat yang tersedia sangat minim mendekati miris... Jangan kaget dengan alat-alat yang gue pake...


Ini dia foto-fotonya... enjoyyy....

Mo Cinta??? Nih...


Ini dia adonan yang udah dikukus setengah mateng, diaduk2 lagi, terus dikukus lagi...




Nasib dah, pas tengah mengukus, pake gas nya abissss.... terpaksa gue ke warung buat beli gas lagi...
Sigh... sigh... sigh...


Jangan kaget pas gue bikin isian. Dari proses sangrai kacang sih baik2 aja. Masalah berikutnya muncul karena gue baru sadar ternyata gue engga punya ulekan apalagi blender... Masa iya gue kunyah2 dulu ini kacang biar ancurr...? Ahahahaha... Akhirnya akal MacGyver gue muncul... dan kepake lah botol parfum gue buat numbuk itu kacang... Alasnya pake kantung kresek lagi. Biar tambah harumm... :D




 Ini juga jangan ditiru. Ini lagi sangrai tepung maizena untuk taburan moci. Kenapa di sangrai... ya biar mateng tepungnya. Terus pisau itu untuk apa???
Yang pernah jadi anak kos pasti ngerti kondisi darurat kaya ginih... T___T



Karena (kadang) cinta itu tidak enak dilihat ketika muncul sebagai aslinya, perlu dikasi bedak dulu deh. Siapa bilang cinta itu seadanya? Cinta juga perlu dipakai-in baju sedikit kaleee... Hahahaha...


Tadaaaaa... itu dia hasil-hasilnya... mau nyobain? Hmmm... dikasi gak ye...
***