Tuesday, February 14, 2012

Simple Mint Syrup

Ini salah satu obsesi gue untuk bikin simple syrup mint yang yahud. Serius dah, kalo nyari2 kopi dengan tambahan flavor mint... agak susah sob. Gue belum pernah nemu. Dan emang tujuan utama gue bikin mint syrup ini ya untuk additional flavor dari kopi2 racikan gue. Hehehe...

 
Sering gue nyari di setiap swalayan gede yang kelihatannya lengkap. Sering juga kalo gue nanya ke mbak2 penjaga swalayan, "ada syrup mint nggak?", jawabannya selalu gelengan, atau nggak malah nyasarin gue dengan ngasi tunjuk ke bagian sirup2 bangsanya Marjan, ABC, dll... Masih mending enggak nyasarin gue ke tempatnya sirup obat batuk rasa mint... ahahaha...

Sebenarnya Marjan pun punya loh varian syrup rasa mint. Tapi kebanyakan swalayan engga pada nyetok. Gue tahu dari searching2 di internet. Dan memang kebanyakan mint syrup itu supplier-nya ya perusahaan2 kopi atau alat2 kopi. Dan tentu saja... tempat belinya jauh... dan mahal....



Nah, kenapa nggak bikin sendiri aja???
Dari doloooooo... gue pengen. Namun tetep jugak, yang jual daun mint nggak banyak!
Swalayan gede bangsanya Gian*, Hyperm*rt, Her*, gue belum pernah nemu. APa mereka kehabisan stok ya pas gue dateng?? Yah, pokoknya finally gue nemu di Carrefo*r. My lucky day...

Hmm... gue udah baca and nonton tutorial bikin mint syrup di internet. Sekarang waktunya gue praktek...

Bahan utamanya:
1. Air
2. Gula
3. Daun Mint

Takarannya?? Gue jarang pake takaran, pake feeling aja... :D
Cara bikinnya:
1. Campur air dan gula, masak.
2. Masukin daun mint.
3. Rebus lalu diamkan sampai dingin.
4. Saring, kemas dalam botol. Udah. Gampang kan??

Dari beberapa video dan resep yang gue pantengin, ada yang nambahin vinegar a.k.a cuka. Atau mungkin asam sitrat. Hmm... gue engga tertarik buat nambahin apa2. Karena aroma dan rasa mint-nya sendiri itu udah kuat menurut gue. Dan gue engga pengen make buat obat batuk... tetapi buat kopi. Aroma yang original ini gue rasa udah cukup nendang buat di kawinkan dengan aroma kopi. :D

Nah, ini dia galeri foto pas gue bikin tadi... Enjoy...



 Bahan utama: DAUN MINT
 


Iseng2 mau nanem sisa daun mint, udah susah2 nyari yang paling seger dan ada akarnya,
beberapa menit setelah ditanam, langsung layu...
Hiks..hiks..hiks...


Cara bikin:
1. Masukin daun mint kelarutan air dan gula yang udah mendidih, 
2. Kecilin api, masak daun mintnya selama kurang lebih 15 menit, 
3. Jangan lupa ditutup, setelah 15 menit, diamkan sampe dingin.


Saring...saring...
Gue engga punya saringan... wal hasil, saringan Coffee Maker gue jadi relawannya...
*pukpuk Coffee Maker



Estetika itu Penting!
Makanya untuk tempatnya mint syrup gue engga mau pake yang plastik atau asal botol. Gue pengen yang kayak di kafe2 itu... :ngiler:
Karena botol yang tinggal pencet untuk ngambil sirupnya itu belum affordable bagi gue, maka gue rela berkorban 16rebuan buat beli sirup melon cuman buat diambil botolnya... Etapi sirup melonnya engga dibuang kok, insyaAllah diminum, biar nggak mubadzir...


Dan ini dia hasilnya... 
Sebotol besar plus sebotol kecil (bekas rootbe*r) mint syrup siap dicampur2 sama kopi. :D

Enjoy ya....

~~~ :D :D :D ~~~