Tuesday, March 20, 2012

Cara membuat es krim (tanpa alat)

Sebenarnya ini tulisan lanjutan dari "Home Made Mint Vanilla Ice Cream". Karena terlalu panjang jika ditulis resepnya... ya gue pindahin aja page nya. :)   


Nah, pertama, siapin bahan! Kalo gue lihat di food sciencenya Alton Brown, the right ingredients of an ice cream should be following the formula of 9-8-3-2-1. Nah, apaan tuh!
Itu maksudnya:
- 9 ounces of Vanilla Sugar atau kalo gak ada vanilla sugar ya gula biasa aja, yang granulated (menurut resep lain) lebih recommended.
- 8 egg yolks
- 3 cups of Half and Half. Kalo di amrik, istilah Half and Half ini lebih ke campuran cream dan susu segar dengan takaran sama. Kalo di tempat lain istilahnya beda lagi... baca dimari ya. Kalo di dapur gue, itu cuman campuran sedanya antara susu segar dan whipped cream.
- 2 tea spoon of vanilla extract. Nah, jangan kebanyakan. nanti pahit. Kalo pake yang bentuknya oil extract, pake setengah takaran aja, karena oil lebih kuat memberikan aroma dari pada yang cairan biasa.
- 1 cups of heavy cream. Ingat ya, yang heavy cream. Jangan takut lemak ato apa... yang namanya eskrim ya should be done this way... Hahaha. Tapi kalo gue gak pake heavy cream juga masih bisa jadi kok. Secara, nyari heavy cream di sini mah susyahh...

Oia, karena keterbatasan alat dan bahan. Gue make, hmm... mungkin separo resep... atau mungkin sepertiganya... atau... entah lah, lha wong gue nggak pake takaran... >___<

Oke, lanjut ke cara pembuatan.
1. Kocok kuning telur samapi berubah warna menjadi lebih terang dan creamy.

2. Masukkan gula sedikit demi sedikit.
Kuning telur mengandung air, protein, juga emulsifier. Dan gula itu bersifat hidroskopis, jadi kalo langsung nyemplungin gula ke kuning telur, maka gula akan menyerap air dan membuat emulsifier enggak balance lagi. And then it's finally lead to a bad custard. Yeah... basicallay, ice cream is a simply stirred custard. :D

Nah, setelah masukin gula perlahan... sambil kocok terus sampe tangan pegel (pake whisk lebih yahud lho...) hingga mixture menjadi istilahnya Ribbon stage. Atau kalo whisk diangkat, mixture yang menempel di whisk jatuh perlahan dan memebentuk long ribbon. :)

3. Sambil sambil... masak half and half sama heavy cream sampai sekedar shimmery ajah. Jangan sampe kelewat mendidih berat. :)

4. Abis itu, masukkan half and half yang udah dimasak tadi ke kocokan telur dan gula perlahan-lahan sambil diaduk agar suhu telur naik perlahan jugak.

5. setelah selesai, masak lagi pake api kecil semuanya sampai suhu 170 derajad Fahrenheit. (Kata tutorialnya gitu). Kalo gue gak pake termometer, selain kagak punya, ya... emang gak punya aja! :D
Slowwwwly stir the mixture until it heated. Ukurannya sih kayak merebus susu segar. Jangan sampe mendidih gilak gitu, selain bisa merusak custard, juga bisa meciptakan buih2 yang jelek. So, slowwwly cook and stir it.

6. Setelah selesai, angkat dari kompor, tunggu agak dingin, masukkan essence atau vanilla extract, dan tunggu sampe dingin. (kalo gue ditambahin mint flavour jugak. lebih cezz cezz gimana gitu...)

7. Ini tahap penting yang sering dilewatkan orang. Chilling out. Mau pake metode apapun dalam membuat eskrim, proses mendinginkan mixture ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Gue pernah baca orang yang langsung memasukkan mixture ke dalam ice cream maker dan melewati tahap ini. Hasilnya: jelas gagal.

Taruh mixture dalam wadah tertutup, lalu masukkan ke dalam kulkas (jangan di freezer!) dan tunggu paling nggak 4 jam, atau suhunya udah sekitar 40 derajad Fahrenheit. Kalo gue sih, gue inepin semaleman di kulkas.

Apa pentingnya sih?
Chilled mixture freezed faster in the churning process than the non chilled one. And they have a fine ice cristal structure and that's means they have a better texture.

8. Setelah proses aging atau chilling process, barulah masukkan ke dalam ice cream maker. Bagi yang punyak! kalo kagak punya kayak gue... masukin ke wadah stainless atau logam yang aman untuk makanan. Kenapa logam? Because it's such a best conductor. Jadi masukin ke wadah logam, terus masukin ke freezer. Tunggu 30 menit, keluarkan lagi... eh, udah muncul yang beku di bagian pinggir kan? aduk perlahan. masukkan lagi ke freezer. ulangi lagi sampe kira-kira 2 atau 3 jam.
Capek ya? But it's worth a lot....... :D :D ;p

9. Hasilnya... Hmmm... yummy.


Bahan-bahan... gampang dan mudah dicari tho?


Kocok telurnya...


Masukin gulanya perlahan...


Masak sampai shimmer aja..



Udah dingin, masukin essence, taruh ke sealed container, masukin kulkas for at least 4 hour.


Sebelum masuk freezer, gue ngganti wadah ke logam. Hasil akhirnya lebih baik...
 


 Ini dia, home made ice cream with vanilla and mint flavour... :)


 Kalo ini affogato, dessert yang paling gue sukaaaaaaaaaa.... :D



Selamat mencoba.
* * *

5 comments:

  1. Aku coba sendiri dirumah dan berhasil. Sayangnya karena bahan2nya alamiah tanpa pengawet sehingga cepat meleleh. Kira2 apa sih bahan pengawet es krim tsb sehingga tidak cepat meleleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo bahan pengawetnya ane ngga tahu Pak...
      Tapi emang kalo eskrim enak itu gampang mencair Pak, makanya cepetan abisin aja.. hehe...

      (Miftah)

      Delete
    2. Untuk resep eskrim lembut seperti Walls n Campina temukan di: http://draos.wordpress.com

      Delete

Ayo, berikan pendapat anda... :)